Antisipasi Serangan Ransomeware Virus Petya



Baru baru ini dunia IT kembali dihebohkan dengan penyebaran virus, setelah beberapa pekan lalu kita sempat dihebohkan dengan virus yang dinamakan wannacry. Saran dari menkominfo adalah sesegera mungkin untuk melakukan antisipasi dan segera melindungi data data, karena menurut pakar cyber, virus ransomware kali ini dapat lebih berbahaya dibandingkan dengan virus yang pernah viral sebelumnya yaitu wannacry.

Virus wannacry sempat membuat panik berbagai negara, termasuk indonesia akibat serangan virus tersebut banya data data yang terinfeksi. Menkominfo pun berbagi cara untuk mengamankan data data anda, adapun untuk langkahnya kurang lebih sama dengan langkah saat kita menangani virus wannacry sebelumnya, yaitu :
  1. Pengelola IT menonaktifkan dan mencabut network sampai dipastikan aman, serta putuskan sambungan wifi, hospot dan koneksi internet lainnya hingga semua aman.
  2. Backup semua data ke storage atau penyimpanan yang berbeda.
  3. Download tools dan security patch secara manual dari komputer lain yang dipastikan aman
  4. Selalu update semua aplikasi dan antivirus serta gunakanlah system operasi yang orisinil.
  5. Gunakanlah password yang aman dan gantilah berkala.
  6. Lakukan scan full PC / Laptop menggunakan anti virus dengan fiture total security dengan catatan AV sudah menggunakan updatan terbaru.
  7. Non aktifkan macro service pada MS. Office dan SMB service pada PC maupun server, aktifkan firewall dan block port 139, 445, 3389, untuk sementara hingga seluruh proses mitigasi, backup dan update patch tuntas dilakukan dan tidak ada masalah lainnya lagi.



Note :
PC yang telah terinfeksi ransomware petya akan muncuk beberapa peringatan seperti berikut ini pada saat setelah proses reboot :

DO NOT TRUN OFF YOUR PC! IF YOU ABORT THIS PROCESS, TOU COULD DESTROY ALL OF

YOUR DATA! PLEASE ENSURE THAT YOUR POWER CABLE IS PLUGGER IN!

Jika PC atau Laptop anda muncul kedua peringatan tersebut segera lakukan shutdown atau matikan PC anda, jika PC anda tetap dalam keadaan mati maka data anda akan baik – baik saja.
Berikut sedikit informasi dan masukan dari berbagai sumber yang telah saya rangkum, semoga bermanfaat untuk anda, dan semoga semua data anda aman dan serangan ransomeware kali ini tidak berakibat fatal untuk semua data – data anda, selamat mencoba dan pastikan semua aman sebelum anda melakukan kembali sambungan ke internet, baik melalui local area network (LAN), wifi, ataupun Hospot.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Antisipasi Serangan Ransomeware Virus Petya"

Post a Comment