Cara mengatasi penyebaran malware virus petya

Setelah penyebaran malware ransomeware WannaCry bulan lalu kini lagi lagi dunia cyber dihebohkan dengan penyebaran ransomeware yang kurang lebih hampir sama dengan WannaCry yaitu ransomeware Petya, disini saya akan sedikit berbagi ilmu cara untuk mengatisipasi terinfeksinya PC ataupun Laptop Anda,  dari berbaga artikel yang saya baca dan beberapa kali saya praktekan, akhirnya saya mendapatkan sedikit pencerahan dari ujicoba yang saya lakukan, nah berikut langkah – langkahnya :


1.       Kita harus pastikan terlebih dahulu pada Foleder and search Options kemudian kita ke Menu View, setelah itu klik Show hidden file, folders, and drives.

 2.       Kita cari file notped.exe pada drive C:\Windows kemudian copy (cttl + c) file notped.exe kemudian paste (ctrl + v) pada lokasi yang sama, seperti tampilan pada gambar berikut ini :

3.       Setelah selesai kita copy paste kemudian kita rename file notped – copy.exe tersebut dengan nama file perfc.exe

4.       Langkah selanjutnya yaitu, copy paste file perfc.exe tadi dengan nama perfc.bat, jika terdapat peringatan seperti tampilan gambar dibawah silahkan klik Yes

5.       Lanjutkan langkah no 4 tadi hanya untuk nama file rubah menjadi perfc.dll kemudian jika ada peringatan klik Yes.

6.       Sehingga pada drive C:\Windows nantinya akan terdapat 3 file dengan nama perfc hanya dengan jenis file yang berbeda yaitu perfc.exe, perfc.bat, dan perfc.dll. pastikan semua PC atau laptop anda sudah memiliki 3 file ini di lokasi C:\Windows, supaya virus petya tidak dapat menginfeksi PC atau laptop anda.

Demikian sedikit langkah – langkah dari saya untuk mengantisipasi penyebaran ransomeware yang menghebohkan saaat ini, bahkan Lembaga Sandi Negara pun ikut melakukan antisipasi supaya semua data tetap aman dan penyebaran ransomeware petya ini tidak semakin banyak. Hingga berbagai media cetak dan media masa pun ikut memberikan informasi untuk antisipasi terinfeksinya virus petya ke semua komputer di negara masing – masing. Semoga informasi dari saya berikut dapat bermanfaat bagi Anda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mengatasi penyebaran malware virus petya"

Post a Comment