Antara asi eksklusif dan formula

Pengalaman Menjadi Ibu Baru Pejuang ASI EKSLUSIF.

Banyak banget teman-teman yang menanyakan anaknya di sambung pakai susu apa? Asi mu mah banyak gat, tidak perlu tambahan lagi. Nah, aku asi ku sedikit. Apa lagi aku tidak keluar asinya sama sekali. Ah, kayaknya asi ku juga kurang ini orang  anakku masih rewel banget kaya gini. Dan masih banyak lagi dan lagi..  *yakin ini semua ibu pasti ngerasain..
Ingatlah suami, perjuangan istrimu demi kehidupan yang terbaik buat anakmu. Di detik-detik anak lahir di dunia, *brojolin anak bahasa jawanya,, anak di kasih waktu untuk bisa lekat di dada ibu *yang katanya sih biar inisiatif menyusu dini. Aku rasa itu hanya HOAX.. tidak sih, tidak semua anak langsung mau menyusu kata dokter ku, toh anak ku juga tidak pakai menyusu, sempet binggung dan mau nangis, kenapa yak anakku ga mau nyusu ke aku, ngak kaya di buku dan artikel yang selama ini aku baca dan aku pelajari...

Waktu itu gael pertama kali nyusu jam 12an siang dan dia lahir jam 8.45 wib, pertama kali mau nyusuin itu sumpah gerogi, aneh lucu. Karena harus di bantu juga sama orang tua, yang paling-paling berjuang tu pas sudah  di bawa pulang ke rumah sekitaran 3 hari setelah melahirkan, malam-malam gael nangis parah, udah di susuin semalaman udah di bantuin sama 3 orang mana neneknya pegangin badan gael buat aku gendong, yang suami nyiapin kursi buat kaki aku, ini perjuangan buat bunda yang punya ambiyen pas ngebrojolin anak eh, tu ambien ikutan keluar aja, ya sudah harus duduk di bantal  dan masih ada 1 lagi yang bantu buat aku bisa nyusuin gael yaitu nenek buyut gael  yang pegangin muka gael bisa masuk asi ke mulutnya, di kira nih awalannya karena susu yang luber terlalu banyak ternyata eh, setelah seminggu kontrol ke dokter katanya gael kena KUNING.

Mau nangis sedih, la gimana bisa mau kena kuning dokter? Orang asi aku lancar banyak begini loh, dan ternyata karena kebesaran jadi anak tidak bisa maksimal buat nyusu. hasilnya harus ke ugd buat di ajarin nyusuin yang benar dan juga harus beli alatnya buat bisa mengecilkan aelora. Alatnya lucu sih Cuma kaya suntikan yang tempat jarumnya itu di hilangin di pisau.

Lanjut perjuangan tak sampai situ, setelah anak sembuh dan juga bisa menyusu dengan banyak mulai lah aku khawatir dengan asi yang aku kira kurang karena gael kok ya malam-malam nangis lagi, dulu awalan di kasih jamu saja malas merasa udah banyak asinya sampe bosen juga makan sop daun katu. Ya sudah lah berhenti saja makan itu dan beralih makan enak, ayam ikan dan kawan-kawannya. Eh, tahu-tahu anak banyak bentol-bentol di tubuhnya, sampai muter kesan kesini cari obat gatel, setelah periksa ternyata dia kebnyakan protein. Hadeh, harus stop makanan yang mengandung banyak protein, susu menyusui pun harus di hempas manjah... stop makan ikan, haduh gereh besek, sambel tomat primadona harus hempas juga, ayam telur hempaskan. 

karena saya ini ibu rumah tangga yang punya banyak waktu luang demi anak yah,, jadi tanpa harus pumping asi segala. Tetap kok bun, aku masih pompa asi awalannya,Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat bagi para bunda baru, sehingga tidak perlu kawatir dan tetap jaga kesehatan diri dan si kecil, supaya terus utamakan pemberian ASI, karena manfaat jangka panjang untuk si kecil sangat luar biasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Antara asi eksklusif dan formula"

Post a Comment